| |

Safari Adventure

Horeee… pada tanggal 12 – 14 Oktober 2020 kami siswa KB-TK Petra 5 diajak oleh ibu guru untuk pergi ke Taman Safari, kami tak percaya akan pergi bersama walaupun itu secara virtual. Kami bertanya kepada bu guru “bu guru kita akan pergi ke sana?” jawab ibu guru: “iya anak-anak tapi secara virtual ya….” Bapak-Ibu guru berharap dengan adanya virtual field trip ini dapat mengobati kerinduan anak-anak untuk  pergi bersama dengan teman-teman.

a.jpgg.jpggem.jpgdf.jpger.jpg1.jpge.jpg2.jpgm.jpg

Bapak-Ibu guru membuat acara virtual filed trip ini menarik dan berkesan, ini merupakan pengalaman yang baru dan pertama kalinya bagi kami, tak lupa kami juga boleh mengajak mama dan papa, memakai topi, membawa tas ransel yang berisi bekal makanan dan minuman. Tak lupa bu guru juga mengajak kami untuk mengganti background sehingga seolah-olah kami sedang pergi ke Taman Safari.

Acara field trip diawali dengan berdoa bersama, setelah itu Bu guru memutarkan video yang menampilkan macam-macam binatang yang ada di Taman Safari. Kami sangat bersemangat, mereka menyebut nama binatang yang muncul secara bergantian dari tayangan video. Kemampuan anak – anak untuk mengenal berbagai jenis binatang ternyata mengagumkan, mereka mulai bereksplor saat tayangan video dimulai. Mereka bersahut-sahutan saat menyebut nama binatang yang mereka kenal, mereka juga mampu mengenali jenis binatang satu dengan yang lainnya.

Selain itu, kami juga diajak untuk membuat maket oleh bu guru, kami menempelkan gambar-gambar binatang yang kami lihat di video pada maket kami. Tanpa disadari anak-anak mau mengekspresikan kebutuhan rekreasi mereka melalui maketnya. Mereka bermain sambil bercerita ditemani orang tua mereka bahkan mereka bercerita sendiri sesuai daya khayal mereka. Tak hanya sampai di maket, anak-anak juga kami ajak untuk menghitung binatang, mulai dari satu sampai sepuluh bahkan sebelas. Mereka bergiliran menyebut jumlah binatang yang sudah dilihatnya melalui tayangan video. Mereka kami ajak untuk mencocokan bentuk badan binatang serta menebak suara binatang .

Kegembiraan anak-anak dalam mengikuti ini merupakan kerinduan kami sebagai pendidik. Mereka dapat menikmati perjalanan wisata secara virtual dengan hati yang penuh sukacita. Suasana belajar di luar  dan dimanapun berada membuat anak-anak tidak bosan atau jenuh. Meskipun dalam bentuk virtual, namun tidak menutup kemungkinan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang ingin disampaikan oleh ibu guru. Hal ini juga berkat adanya kerjasama dari pihak sekolah dan orang tua. Kreatifitas orang tua dalam mendampingi anak membuat para guru menjadi bersemangat untuk mengupayakan dan menghadirkan kegiatan yang menyenangkan.

Menjadi suatu kebanggaan bagi setiap pendidik jika pembelajaran yang  disajikan dapat membuat anak-anak mampu mengembangkan daya imajinasi  dan daya pikirnya. Harapan kami, mereka dapat mengenang kegiatan kali ini sebagai salah satu kegiatan yang menyenangkan.

boost the values reap the success