| |

My Home, My School

Halo teman-teman, masihkah kalian tetap semangat dalam mengikuti kegaiatan belajar dari rumah secara online ? Beberapa waktu yang lalu kita sudah belajar mengenai lingkungan tempat tinggal kita atau yang biasa kita sebut dengan rumah, selain itu kita juga sudah belajar mengenai lingkungan sekolah kita. Taukah teman-teman, bahwa dimasa pandemi seperti sekarang ini rumah kita ternyata bisa juga loh menjadi seperti sekolah tempat dimana kita belajar, seperti yang dialami oleh kami, murid-murid di KB-TK Kristen Petra 5. Ibu guru mengenalkan kepada kami suatu kegiatan baru yang kami sebut dengan nama Learning Ecosystem. Learning Ecosystem adalah kegiatan yang bertujuan membantu kami untuk semakin mengenal lingkungan tempat dimana kami tinggal. Ibu guru memberikan kepada kami beberapa tulisan yang bertuliskan benda-benda yang biasa kami jumpai di rumah, seperti : meja, kursi, pintu, mobil, sepeda, sepatu, pagar, laptop, lantai, sabun dan masih banyak lagi. Tulisan-tulisan tersebut kemudian akan kami tempelkan pada benda-benda yang sesuai dengan tulisan tadi, namun sebelum kami menempelkannya, kami harus membaca tulisan tersebut terlebih dahulu. Kegiatan Learning ecosystem ini sangat menyenangkan, karena selain kami diajak untuk bersama-sama belajar membaca, kami juga semakin mengenali benda-benda apa saja yang berada di lingkungan rumah kami.

Selain Learning Ecosystem, Ibu guru juga mengajak kami untuk bermain Engklek atau Engkle di rumah. Engklek adalah salah satu permainan tradisional yang dilakukan dengan cara melompat dari satu kotak ke kotak yang lain. Engklek yang kami mainkan ini berbeda loh dengan Engklek yang biasa diamainkan, karena kami memberikan angka beserta tulisannya pada setiap kotak yang ada, kemudian kami akan melompat sambil membaca tulisan atau angka tersebut. Ternyata selain bermain kami dapat juga belajar untuk mengenal angka serta membaca.

Teman-teman, ternyata banyak sekali ya kegiatan-kegiatan seru yang dapat kita lakukan sambil belajar di rumah. Rumah kita ternyata juga dapat menjadi tempat dimana kita dapat belajar mengenai banyak hal seperti di sekolah, seperti George Whitman yang berkata “All the world is my school” yang berarti bahwa dunia ini adalah sekolah kita atau tempat kita dapat belajar. Belajar tidak hanya dapat kita lakukan ketika kita berada di sekolah saja, tetapi dimana pun kita berada, kita selalu dapat belajar mengenai apapun juga termasuk ketika kita berada di rumah. Itulah yang dinamakan merdeka belajar.

boost the values reap the success