| |

Aku Mau membantu Mama dan Papa

Halo, teman-teman... apa kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya! Minggu ini, kami, siswa-siswi KB-TK Kristen Petra 5, belajar tentang keluarga. Ketika teman-teman mendengar tentang kata keluarga, pasti teman-teman akan memikirkan tentang papa, mama, kakak ataupun adik, bukan? Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang tersusun atas kepala keluarga (berperan sebagai suami dan ayah) dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal bersama pada suatu tempat di bawah satu atap dalam kondisi yang saling membutuhkan/ketergantungan. Keluarga sendiri terbagi menjadi dua, keluarga inti dan keluarga besar. Keluarga inti adalah keluarga yang hanya terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Sedangkan keluarga besar terdiri atas kakek, nenek, om, dan tante. Di dalam keluarga ini, kita belajar mengenai banyak hal. Beberapa di antaranya, kita belajar untuk saling mengasihi/menyayangi, saling menolong, taat pada aturan, dan masih banyak lagi.

IMG-20200824-WA0054.jpgIMG-20200822-WA0003.jpgIMG-20200822-WA0000.jpgIMG-20200824-WA0053.jpg

Tiap-tiap anggota keluarga juga memiliki peran serta tugasnya masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga, dan mempunyai tugas bekerja untuk mencari nafkah atau memenuhi kebutuhan keluarga. Ibu bertugas untuk membantu ayah dalam mengurus rumah serta mengatur keuangan keluarga. Tugas anak dalam keluarga, yakni belajar, menaati ayah dan ibu, serta membantu ayah dan ibu. Membantu ayah dan ibu dapat dilakukan dengan banyak cara, di antaranya: membantu merapikan tempat tidur, mencuci piring, membereskan mainan, atau membersihkan rumah.

Pada hari Rabu, tanggal 12 Agustus 2020, siswa-siswi TK A diajak oleh ibu guru untuk membantu mama dan papa dalam menjaga kebersihan rumah, dengan cara menyapu. Ibu guru kemudian mengajak kami untuk membuat kolase gambar sapu. Setelah itu, kami mewarnai bagian batang sapu dan tidak lupa menuliskan kata sapu pada gambar hasil kolase kami tadi.

Teman-teman, jangan lupa untuk melakukan tugas kita sebagai anak di rumah, ya...! Rajin-rajinlah belajar, taat kepada mama dan papa, serta tak lupa membantu atau menolong mama dan papa.

boost the values reap the success