| |

Mencuci Tangan

17.jpg24.jpg15_3.jpg13_2.jpg41.jpg

Beberapa waktu belakangan ini, negara kita sedang ramai dengan penyebaran virus Corona. Untuk mengurangi resiko tersebut, pada awal bulan Maret yang lalu siswa dan siswi KB-TK Kristen Petra 5 diajak oleh Bapak dan Ibu guru untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan cara rajin mencuci tangan. Mencuci tangan dapat dilakukan sebelum makan dan saat kita merasa tangan kita kotor. Tangan merupakan jalur utama masuknya penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain kita harus memiliki perilaku hidup yang sehat, sehingga kita juga harus rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air.

Mencuci tangan bermanfaat untuk membunuh kuman-kuman yang berada atau menempel pada tangan kita. Terdapat 6 langkah mencuci tangan. Pertama, basahi tangan dengan menggunakan air mengalir lalu beri sabun, gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Kedua, usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih. Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan cara posisi tangan saling mengunci. Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari. Keenam, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gerakkan dengan cara memutar. Setelah itu bilas busa sabun hingga bersih, lalu ambil tissue atau sapu tangan untuk mengeringkan tangan.

            Setelah memberikan penjelasan dan langkah-langkah mencuci tangan pada anak-anak, Bapak-Ibu guru pun meminta setiap anak-anak untuk mempraktekan bagaimana cara mencuci tangan tadi. Bapak-Ibu guru juga mendampingi anak-anak saat mempraktekan kegiatan mencuci tangan tersebut. Dengan diadakannya kegiatan ini, anak-anak diharapkan dapat mempraktekan hal ini saat berada di rumah, di sekolah maupun di luar. Anak-anak juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan mereka dengan selalu rajin mencuci tangan mereka.

 

boost the values reap the success