| |

Pemadam Kebakaran

IMG-20200214-WA0009.jpgIMG-20200214-WA0019.jpgIMG-20200214-WA0011.jpgIMG-20200214-WA0018.jpg

Pemadam kebakaran adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainnya. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk menyelamatkan korban-korban bencana seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya. Pemadam kebakaran biasanya identik dengan mobil pemadamnya yang berwarna merah serta memiliki suara yang nyaring.

Pada hari Selasa, 4 Februari 2020 lalu, anak-anak TK A TK Kristen Petra 5 mengikuti kegiatan sentra bermain peran sebagai pemadam kebakaran. Kami memakai seragam pemadam berwarna merah, saat terdengar suara sirine berbunyi itu berarti telah terjadi situasi darurat yang harus kami tolong, kemudian berlari untuk mengambil helm pemadam dan menuju ke arah mobil pemadam. Kami mengendarai mobil pemadam di sepanjang jalan sambil membunyikan sirine, supaya pengendara-pengendara yang lain memberikan kami jalan agar kami cepat tiba di lokasi. Sesampainya di lokasi kejadian, kami melihat sebuah rumah yang mulai terbakar. Kami berlari dan memeriksa apakah ada orang yang terjebak di dalam rumah itu. Kami mengevakuasi korban yang masih berada di dalam rumah, membawa mereka ke tempat yang aman dengan menggunakan tandu. Setelah semua orang dikeluarkan dari dalam rumah ada teman kami yang sedang memegang selang air yang terpasang pada badan mobil pemadam. Dengan keran air yang sudah menyala dan terpasang pada selang, teman kami mengarahkan selang tersebut ke arah api yang menyala. Tak lama kemudian, api akhirnya padam. Kami senang sekali berhasil melakukan tugas dengan baik dan dapat menyelamatkan beberapa orang yang terjebak di dalam rumah.

Teman-teman belajar menjadi petugas pemadam kebakaran ternyata sangat menyenangkan. Para petugas pemadam kebakaran dapat menjalankan tugas dengan baik dalam situasi yang genting dikarenakan adanya kerja sama di dalam team. Kita tidak dapat hanya mengandalkan diri kita sendiri, kita harus saling menolong dan mendengarkan arahan dari pemimpin kita.

Dalam kegiatan ini, kami dapat belajar untuk mau bekerja sama dengan teman kami yang lainnya, terlebih kami juga belajar untuk mau saling membantu saat teman kami sedang mengalami kesulitan.

boost the values reap the success