| |

Membuat Lemet

Membuat lemet adalah pengalaman kami yang pertama. Lemet merupakan makanan tradisional yang menggunakan singkong sebagai bahan utama. Lemet terbuat dari singkong, kelapa parut, gula merah (gula aren) yang dibentuk memanjang dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, kemudian dikukus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu jenis jajanan tradisonal pada anak, khususnya yang terbuat dari bahan dasar singkong.

 IMG 20190911 WA0016 IMG 20190917 WA0010

IMG 20190917 WA0037 IMG 20190917 WA0040

Sebelum membuat lemet, kami harus mencuci tangan dulu supaya bersih. Lalu, Ibu guru menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lemet. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam membuat lemet, yaitu : memarut singkong. Kami memarut secara bergantian dengan penuh hati-hati, karena alat parutannya sangat tajam. Setelah memarut singkong, Ibu guru membantu kami memasukkan semua bahan dan hasil parutan singkong tadi ke dalam wadah yang dipakai untuk dijadikan adonan lemet. Kami mengaduk bahan-bahan tersebut sampai adonan merata. Kemudian, Ibu guru membagikan daun pisang yang akan dipakai untuk membungkus adonan lemet tadi. Kami mengambil adonan lemet 2-3 sendok, lalu meletakkannya di atas daun pisang, dan kami gulung adonan tersebut secara perlahan agar adonan tidak jatuh. Selanjutnya, adonan lemet yang sudah terbungkus rapi, kami masukkan untuk dikukus ke dalam sebuah dandang yang sudah dipanaskan dengan perlahan-lahan dan hati-hati tangan kami tidak terkena dandang yang panas itu. Setelah itu, kami harus menunggu lemet dikukus sekitar 20-30 menit sampai matang dan dapat dimakan. Kami tidak sabar untuk mencoba lemet buatan kami. Hmmm… Yummy… lemet buatan kami enak sekali. Lemet itu ternyata kenyal dan manis.

Wah, ternyata jajanan tradisional itu tidak kalah enak dibandingkan dengan roti yang sering kita makan dan beli di mall / toko. Mari kita belajar dan pertahankan jajanan tradisional yang dapat menyehatkan tubuh kita, sehingga kita dapat mengurangi kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan / snack yang kurang sehat.

boost the values reap the success